UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK MELALUI MODEL BERMAIN

Authors

  • Fauzia Fauzia SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo

Keywords:

Model Bermain,, Keterampilan Lari Jarak Pendek,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek melalui model bermain pada siswa kelas V SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model bermain dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa dari Pra Tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada Pra Tindakan belum menggunakan model bermain sehingga minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa meningkat menjadi tinggi sehingga bisa mendukung suatu pembelajaran yang berkualitas.
Simpulan penelitian ini adalah melalui model bermain meningkatkan minat, keaktifan, dan keterampilan lari jarak pendek siswa Kelas V SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo.

Published

2020-06-27