UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN KOMPONEN RPP K13 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKALA

Authors

  • Muslimah Muslimah SMP Negeri 12 Senayang Kabupaten Lingga

Keywords:

Kompetensi Guru,, RPP K13 dan Supervisi Akademik Berkala,

Abstract

Monitoring dan evaluasi kepala sekolah menunjukkan bahwa hanya 67% dari semua guru 9 orang yang bisa menyusun RPP K13 pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Salah satu faktor penyebab adalah kurang sosialisasi pelatihan kepada guru-guru, Kondisi tersebut dipengaruhi oleh: (1) kesibukan guru, (2) kurang adanya pendampingan dan (3) kurang sosialisasi.
Terkait dengan permasalahan di atas, perlu adanya bantuan penanganan yang memadai. Dalam hal ini upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pendampingan, yang bertujuan pada peningkatan kompetensi guru melalui siklus yang sistematis. Analisa data yang dilaksanakan menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan tahapan siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) langkah meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini, 9 orang guru dari sekolah yang menjadi subyek penelitian, semuanya menunjukkan peningkatan kompetensi sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Saran yang diajukan adalah: (1) perlu diintensifkan peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP K13 melalui kegiatan pendampingan atau sejenisnya (2) untuk meningkatkan kompetensi guru, sekolah, perlu adanya wahana semacam IHT, agar mereka dapat saling bertukar pengalaman melalui dialog akademis.
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru pada SMP Negeri 12 Senayang Kabupaten Lingga Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru-guru pada SMP Negeri 12 Senayang. Penelitian ini lebih menekankan pada pembinaan terhadap guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP K13. Adapun jumlah guru yang di jadikan subjek sebanyak 9 orang guru.

Published

2020-06-27