PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP PECAHAN SEDERHANA

Authors

  • Nurhayati Nurhayati SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo

Keywords:

Model Bermain,, Konsep Pecahan Sederhana,

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah penggunaan metode role playing dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan pemahaman terhadap konsep pecahan sederhana siswa kelas III SD Negeri No. 85/I Tahun Pelajaran 2019/2020?
Berangkat dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pembelajaran hitung pecahan yang dilaksanakan, sehingga dalam prosesnya penelitian ini dilaksanakan untuk (1) Menganalisis dampak penggunaan metode role playing dalam peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan sederhana pada pembelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Sumber data berasal dari siswa kelas III SD Negeri No. 85/I Sumber Rejo Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui hasil tes formatif yang dilakukan. Secara garis besar penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan dalam proses pengkajian berdaur (PTK) yaitu meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui tuntas dan tidaknya belajar.
Berdasarkan hasil tes formatif dari siklus pertama dan kedua didapatkan ketuntasan belajar siswa yang meningkat. Dari siklus awal hanya ada 12 siswa dari 23 siswa atau 52,17% yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus pertama menjadi 18 siswa dari 23 siswa atau 78,26%, dan pada siklus kedua mencapai ketuntasan 100% yaitu ada 23 siswa yang tuntas dari 23 siswa.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan dari pengkajian ini, meliputi: (1) Penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran Matematika kompetensi dasar Pecahan Sederhana mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. (2) Penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran Matematika kompetensi dasar Pecahan Sederhana mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar terhadap materi.

Published

2020-06-27